Selasa, 05 Januari 2016

MENETUKAN KONTEN BLOG

Zaman sekarang membuat blog itu gampang, tinggal daftar di situs blog dan kita sudah memiliki blog sendiri. Tetapi, untuk mendatangkan dan mempertahankan agar terus memilikipembaca tetap, itu yang sulit. Banyak blog sudah dibuat tapi miskin pembaca sehingga terbengkalai begitu saja karena kalau tidak ada pengunjung, kenapa meneruskannya?

Yang terpenting dari memiliki blog adalah bagaimana mengelolanya. dan hal itu berkaitan dengan konten atau isi blog itu sendiri. Ada pepatah para blogger yang tidak tahu asalnya dari mana yaitu "Content is the King". Jika isinya tidak bagus, maka tidak akan banyak pengunjungnya. Sebaliknya, jika isinya bagus, maka akan ramai pengunjung. Jadi, apapun tujuan dari dibuatnya blog tersebut, baik untuk pribadi, umum atau bisnis, konten blog sangat penting untuk mendatangkan pengunjung.

Jadi sebelum memulai blogging, sebaiknya dipahami dulu tentang bagaimana mengisi konten blog agar lebih siap dalam mengelola blog dikemudian hari.

MULAI MENENTUKAN KONTEN

Beberapa pertanyaan berikut mungkin akan sangat membantu kita dalam mengelola konten blog.
  • Apa Tujuannya?
Ini adalah pertanyaan dasar ketika kita mau membuat sebuah blog. Jika tidak tahu tujuannya apa, itu akan sangat menyulitkan dalam mengelola isi blog.
Seperti tang sudah dijelaskan diartikel sebelumnya, ada beberapa jenis blog yang sudah ada sekarang dan terus berkembang. Untuk personal tentu saja bebas dan tidak terikat aturan baku. Tetapi jika memang membuat blog untuk jenis tertentu harus dibuat lebih profesional dan semenarik mungkin.

  • Blog tentang Apa?
Jika sudah diketahui tujuannya, kemudian kita harus tentukan blog tersebut tentang apa. Misalnya, jika tujuannya adalah personal blog, kalau begitu tentang apa saja isi yang harus ada didalamnya? Sekedar aktualisasi diri, berbagi informasi, menyalurkan hobby, personal branding, atau apa? Dengan cara begitu kita akan lebih mudah mencari bahan tulisan.

Kalaupun tujuannya untuk Corporate atau Comercial blog pun harus tetap ditentukan tentang apa isinya. Contohnya berjualan gitar, sepatu, baju. Berarti selain barang tersebut yang dijual, juga harus memberikan informasi atau tips seputar barang yang dijual.

  • Siapa Tujuan Pengunjungnya?
Hal lain yang harus diingat adalah siapa tujuan yang ingin dicapai untuk mengunjungi blog tersebut? Kalau untuk Corporata atau comercial blog, jelas pasar dan konsumen yang dituju. Tetapi bagi personal blog, hal ini sering tidak diperhatikan.

Apakah tujuan pengunjung itu penting bahkan untuk personal blog? Tentu saja. Dengan mengetahui tujuan pengnjung, bisa tahu gaya bahasa seperti apa yang bisa kita gunakan. Jika tujuannya untuk orang dewasa, pebisnis dan lai sebagainya, tentu saja bahasa yang kita gunakan haruslah formal. Sebaliknya jika target pengunjungya ramaja bisa jasa kita menyisipkan gaya bahasa gaul didalamnya agar isi atau konten kita tidak membosankan dibaca oleh mereka.

  • Kira-kira Apa yang membuat Seseorang Berkunjung Kembali?
Pertanyaan ini berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan sebelumnya.

jangan sampai blog hanya sekali saja dikunjungi, harus dibuat sampai seseorang mau mengunjunginya kembali bahkan berkali-kali. Dan itu tergantung dari isi atau konten dari blog kita nantinya. Jika isinya tidak menarik dan berantakan, bisa dipastikan pengunjung tidak akan datang kembali. Sebaliknya jika isinya sesuai dengan yang dicari, maka pasti akan dikunjungi berkali-kali.

Jadi survei dulu, apa yang benar-benar diinginkan dan akan didapatkan orang dari blog kita nantinya. Siapapun akan dengan senang hati berkunjung jika apa yang dicarinya (misalnya iformasi, hiburan, ilmu pengetahuan, dan motivasi) ada di blog itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar