Selasa, 05 Januari 2016

TIPS MENGISI KONTEN BLOG

Setelah kita menentukan tujuan dan konten apa yang akan kita sampaikan di blog nantinya, berikut ini adalah tips mengisi konten agar kita tetap konsisten mengelola blog kita nantinya.
  • Tulis yang disukai dan kuasai
Kita jangan memaksa menulis sesuatu yang sama sekali tidak kita tahu. Hasil tulisannya akan tidak jelas dan tidak dipercaya. Atau jika tidak, semua tulisan yang ada hanya dari copy paste tulisan orang lain. Kalau seperti itu untuk apa membuat blog.
  • Gunakan bahasa yang baik dan benar
Jangan gunakan singkatan atau huruf-huruf besar kecil yang zaman sekarang disebut "Alay". Percayalah orang lebih ingin membaca dengan nyaman dari pada melihat betapa kreatifnya huruf-huruf yang digunakan.
  • Banyak-banyaklah membaca
Dengan membaca, ada banyak hal yang bisa menjadi ide untuk dijadikan konten. Sumber bacaan tidak mesti dari buku, tapi bisa juga dari berkunjung ke blog atau situs lain, membaca lirik lagu, atau media massa.
  • Seringlah mendengarkan radio, musik atau menonton film
Hal ini terutama jika tema blog yang kita buat adalah resensi film, musik atau memiliki minat dalam hal menulis fiksi. dan kegiatan-kegiatan tersebut dapat membantu kita mendapatkan ide untuk mengisi blog.
  • Tampillah semenarik mungkin
Gunakan gambar atau video untuk membuat orang tertarik membacanya, tetapi jangan terlau banyak, karena itu akan memberatkan bandwidth ketika akan membukanya. Pengecualian jika memang blog yang dibuat memang bertujuan untuk fotografi atau desain grafis, pastinya memang harus memiliki gambar lebih banyak.
  • Jika isinya berupa copy paste, tuliskan sumbernya
Hargai hasil karya orang lain karena mereka membuat postingan tersebut juga membutuhkan energi dan pemikiran yang tidak sedikit. Selain itu, sudah banyak komunitas blogger yang akan mem-blacklist blogger yang mengelola blogger yang mengelola kontennya hanya dengan cara copy paste tanpa sumber. Kalau dijauhi blogger lain, siap-siap kita akan kehilangan pembaca.
  • Jika tidak ada bahan untuk posting, jangan memaksakan diri
Memaksakan diri kita ketika tidak ada bahan untuk mengisi postingan, bisa membuat hasil postingan tidak baik.
  • Jangan terlalu banyak berfikir apakah tulisannya akan banyak dibaca atau tidak
Yang penting tulis sebaik-baiknya, apapun yang sudah dilakukan dengan sangat baik, hasilnya tentu akan jauh lebih baik.
  • Sebelum diposting, baca ulang terlebih dahulu untuk yang terakhir kali
Edit yang ada kesalahan tulisan atau jika ada kalimat yang kurang enak dibaca.
  • Terakhir, rutinlah mengisi konten blog
Tidak harus setiap hari, tapi minimal seminggu sekali. jika terlalu lama blog ditinggalkan dan tidak ada postingan baru, akan membuat blog kita kehilangan pembaca rutinnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar